Deskripsi Pekerjaan Arsitek

Deskripsi Pekerjaan Arsitek

Sering dikatakan bahwa seorang arsitek adalah seperti seorang pelukis – keduanya perlu memvisualisasikan ciptaan dalam pikiran mereka sebelum benar-benar menciptakannya. Lewatlah sudah hari-hari ketika seorang arsitek hanyalah orang yang hanya merancang bangunan; malah arsitek hari ini dipuji karena kreasi yang tidak biasa dan desain imajinatif. Arsitek telah memiliki tempat yang menonjol dalam sejarah selama berabad-abad. Pikirkan istana terkenal yang dikagumi di Prancis, Menara Miring Pisa atau Colosseum di Roma. Masing-masing bangunan megah ini disebut-sebut sebagai ‘satu jenis’ dan kami masih belajar banyak pelajaran berharga dalam arsitektur dan konstruksi dari mereka. Tidak mengherankan kemudian bahwa negara-negara saat ini bangga menjadi rumah dari beberapa struktur yang paling banyak dibicarakan di dunia, seperti Taj Mahal di India atau Menara Kembar Petronas di Malaysia untuk beberapa nama.

Menjadi seorang arsitek mungkin terdengar sangat menarik tetapi kecuali Anda adalah bagian desainer, insinyur bagian, bagian pemecah masalah, bagian visioner dan bagian realis; ini adalah profesi yang sulit untuk diambil. Seperti halnya karir lainnya, hasrat sejati dan keinginan untuk mengeksplorasi dan bereksperimen adalah suatu keharusan. Arsitek juga perlu tetap mengikuti materi terbaru yang digunakan dan metode konstruksi terbaik untuk digunakan. Singkatnya, seorang arsitek hanya bekerja bersama dengan tim yang terdiri dari arsitek, perancang dan insinyur lain pada sebuah perusahaan jasa arsitek untuk membuat desain atau rencana baru untuk bangunan, berdasarkan pedoman dan spesifikasi yang ditetapkan oleh klien.

Apa yang dilakukan seorang arsitek?

Sebelum pekerjaan proyek yang sebenarnya dimulai, seorang arsitek perlu mengadakan beberapa pertemuan dengan klien dan anggota tim lainnya di mana rencana desain awal direvisi, diedit dan diselesaikan. Kunjungan yang sering ke situs konstruksi sebelum dan sesudah pekerjaan dimulai adalah penting. Cukup sering, perubahan pada rencana awal dibuat karena berbagai alasan yang tak terduga. Itulah mengapa penting bagi seorang arsitek untuk berpikir cepat di kakinya dan juga memiliki kemampuan untuk menyarankan ide-ide yang berbeda ketika diperlukan. Jasa arsitek profesional sering mengatakan bahwa seorang arsitek yang baik memiliki keterampilan untuk merencanakan dengan benar dengan pemahaman yang jelas tentang apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan. Selain itu, faktor-faktor lain seperti lingkungan, anggaran proyek dan harapan klien juga harus diberikan karena penting.

Dengan munculnya perangkat lunak khusus untuk para arsitek, mereka sekarang dapat membuat cetak biru lengkap dalam kenyamanan kantor mereka. Bahkan, perangkat lunak tersebut bahkan memungkinkan detail terkecil seperti rak dan lemari untuk ditampilkan dan bahkan menunjukkan tampilan 3 dimensi bangunan juga. Ini membantu klien mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana bangunan yang diusulkan akan terlihat pada akhirnya dan jika diperlukan, berbagai perubahan juga dapat dimasukkan dalam desain. Arsitek sering bekerja sama dengan insinyur bahkan setelah bangunan dibangun, karena ada berbagai masalah yang dapat muncul setelah pekerjaan selesai misalnya, kebocoran yang tidak terduga atau perlengkapan yang salah. Mereka juga bekerja dengan kontraktor dan pengelola situs konstruksi sehingga izin yang diperlukan dan lisensi lainnya dapat diperoleh tepat waktu.

Sebagian besar arsitek junior bekerja dengan perusahaan arsitektur yang mapan atau bekerja berdasarkan proyek / kontrak dengan arsitek lain yang sudah mapan. Bahkan, untuk arsitek senior, penyebutan bangunan yang telah mereka rancang cukup untuk membangun proyek baru. Begitu seorang arsitek memiliki pengalaman kerja yang luas dan satu set portofolio untuk menunjukkan klien lain, kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk memulai usaha mereka sendiri atau dengan mitra. Arsitektur adalah bidang yang menantang dengan banyak peluang dan jika Anda memiliki minat dalam karier yang memberikan sentuhan kreatif kepada insinyur; maka ini adalah profesi yang tepat untuk Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*